Header Ads

Hormati Leluhur, Santri TPQ Darussalam Tahlil dan Do'a Bersama

Santri dan masyarakat berkumpul di komplek makam desa menjelang do'a bersama. Foto:akbarudin
Luwung, Wonoharjonews - Taman Pendidikan Al Quran (TPQ) selain mendidik santri bisa membaca Al Quran juga mendidik santri untuk memahami nilai nilai islami. Hal tersebut juga menjadi tujuan TPQ Darussalam Desa Wonoharjo.

TPQ Darussalam Wonoharjo yang berlokasi di depan Balaidesa Wonoharjo dan memiliki santri di setiap dukuh, mengadakan Tahlil dan do'a bersama, Rabu sore, 15 Mei 2018.

Tahlil dan do'a bersama ini merupakan salah satu agenda tahunan selain itu juga digelar menjelang bulan Ramadhan.

TPQ Darussalam terbagi dalam beberapa sub wilayah mulai dari dukuh Luwung, Wanasari, Lemungsur, Padasan, Sawangan dan Temetes.

Tahlil dan do'a bersama selain mendo'akan arwah leluhur juga menjadi sarana pembelajaran santri untuk selalu bersyukur dan memahami bahwa ada kehidupan yang lebih kekal yakni alam kubur.

Akbarudin, salah satu pengurus TPQ Darussalam menjelaskan, dengan do'a bersama ini, santri diharapkan bisa menghormati leluhur.

"Selain agenda rutin TPQ, juga menjelang bulan ramadhan, agar santri membiasakan diri bertawasul dan mendoakan para leluhurnya", jelasnya.

Acara ini juga bertujuan mendidik santri yang belajar di TPQ untuk senantiasa mendo'akan, menghargai dan menghormati arwah sesepuh dan orangtua yang sudah tiada.

Tahlil dan do'a bersama dilaksanakan dikomplek makam desa dukuh luwung ini, berjalan khusyu' dan khidmat. Selain diikuti oleh santri dan para ustadz ustadzah TPQ Darussalam acara ini juga diikuti oleh masyarakat umum. (Hull/adm)